Yuk Pahami! Perbedaan Haji Plus dan Haji Furoda

Share:

haji plus, haji furoda, tawaf
Banyak dari Kita masih bertanya-tanya tentang apa sih Perbedaan Haji Plus dan Haji Furoda?

Agama Islam memiliki Rukun Islam yang wajib dipenuhi/dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu salah satunya adalah ibadah Haji. Jutaan umat Islam dari seluruh penjuru dunia akan melakukan perjalanan ibadah Haji ini ke Makkah pada waktu yang telah ditentukan oleh syari’at. Secara teknis perjalanan, ternyata Haji memiliki beberapa jenis yang berbeda, yaitu Haji Plus dan Haji Furoda.

Agama Islam memiliki Rukun Islam yang wajib dipenuhi/dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu salah satunya adalah ibadah Haji. Jutaan umat Islam dari seluruh penjuru dunia akan melakukan perjalanan ibadah Haji ini ke Makkah pada waktu yang telah ditentukan oleh syari’at. Secara teknis perjalanan, ternyata Haji memiliki beberapa jenis yang berbeda, yaitu Haji Plus dan Haji Furoda.

Perbedaan Haji Plus dan Haji Furoda InsyaAllah akan dibahas secara detail dalam artikel ini. Dengan harapan jika Anda/Keluarga ingin berangakat Ibadah Haji, Anda/Keluarga tidak perlu lagi kebingungan dalam memilih program mana yang akan diikuti. Yuk simak ulasan berikut ini!


Perbedaan Haji Plus dan Haji Furoda

Secara tujuan kedua jenis program Haji tersebut sama yaitu menjalankan ibadah haji, akan tetapi perbedan di antara jenis program Haji Plus dan Haji Furoda ternyata cukup signifikan.
Adapun beberapa perbedaan antara Haji Plus dan Haji Furoda diantaranya adalah:


1. Haji Plus

Haji Plus biasa juga disebut dengan Haji Khusus, dalam segi waktu keberangkatan sedikit berbeda dengan Haji Furoda. Karena Haji Plus secara garis besar merupakan program Haji yang keberangkatannya menggunakan kuota pemerintah Indonesia melalui kemenag.

Oleh sebab itu Anda/Keluarga tetap akan mengantri untuk menunggu jadwal keberangkatan selama kurang lebih 5 sampai 9 tahun. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan waktu tunggu program haji reguler yang bisa mencapai 20 tahun, maka relatif lebih singkat.

Selain itu, Haji Plus bukan diselenggarakan oleh kemenag melainkan pihak swasta, dalam hal ini adalah travel umroh dengan di bawah pengawasan dari kemenag. Pada umumnya para travel umroh ini akan memberikan fasilitas yang cukup menyenangkan dan fantastis, seperti penginapan di hotel bintang 5 yang terletak dekat dengan Masjidil Haram dan penerbangan direct tanpa transit.

Dalam segi pelaksanaannya, jamaah Haji Plus sama saja dengan program haji reguler. Jamaah haji plus akan menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji sesuai dengan syari’at (rukun & syarat), termasuk wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, tahallul setelah melempar jumrah, dan melempar jumrah di Mina.


2. Haji Furoda

Haji Furoda merupakan program ibadah Haji yang keberangkatannya sesuai dengan kuota Haji yang diberikan langsung oleh pemerintah Arab Saudi secara khusus. Program ini juga sering disebut dengan Haji Mujamalah.

Kelebihannya, jika Anda/Keluarga berangkat Haji dengan memilih program ini, maka tidak perlu menunggu waktu antrian untuk keberangkatan karena bisa langsung berangkat Haji di tahun yang sama saat mendaftar. Yang perlu dipahami adalah kuota untuk Haji Furoda ini bersifat fluktuatif, atau tidak sama tiap tahunnya.

Untuk pelaksanaan Ibadah Hajinya kurang lebih sama dengan program haji lainnya. Keberangkatan dilakukan saat waktu pelaksanaan haji tiba.

Perbedaan utama dalam program Haji Plus dan Haji Furoda adalah terletak pada waktu keberangkatannya. Haji Plus membutuhkan waktu tunggu keberangkatan 5 sampai 9 tahun setelah pendaftaran. Sedangkan Haji Furoda tidak memerlukan waktu tunggu. Jamaah bisa langsung berangkat haji pada tahun yang sama saat pendaftaran.


Selain itu, perbedaan dari Haji Plus dan Haji Furoda juga terletak pada visa yang digunakan. Pada Haji Furoda, visa yang dipakai langsung berasal dari pemerintah Arab Saudi. Sedangkan Haji Plus, menggunakan visa yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. Biaya Haji Furoda terhitung lebih mahal dibandingkan dengan program Haji Plus. Tentu hal ini sebanding dengan fasilitas yang didapatkan, terutama waktu keberangkatannya. Dalam melanjutkan penjelasan mengenai perbedaan Haji Plus dan Haji Furoda, penting untuk memperhatikan beberapa faktor tambahan yang perlu dipahami.


Jadwal Umroh Musim 1446H Ghinasepti Travel

Beberapa Faktor yang Dapat Dipertimbangan untuk Memilih Jenis Program Haji yang Akan Dilaksanakan.

Tentu saja, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih jenis program haji. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda/Keluarga pertimbangkan dalam memilih jenis program haji yang akan dilaksanakan:


1. Kesehatan dan Kesiapan Fisik

Haji tidak hanya ibadah hati saja melainkan juga membutuhkan stamina yang kuat dan kesiapan fisik yang baik. Jika seseorang memiliki kondisi kesehatan yang membatasi, seperti gangguan jantung, diabetes, atau masalah mobilitas, maka perlu mempertimbangkan dengan hati-hati jenis program haji yang akan dipilih.


2. Ketersediaan Waktu

Penyesuaian terhadap jadwal kegiatan Anda, supaya bisa melaksanakan Ibadah Haji dengan khusyuk. Maka pemilihan program haji menjadi hal yang mutlak harus Anda lakukan. Jika menggunakan program Haji Plus apakah jadwal Anda memungkinkan untuk menunggu 5 sampai 9 tahun?

Atau mungkin sebaliknya, setelah pendaftaran Anda harus segera berangkat ke tanah suci. Hal tersebut tentu perlu dipertimbangkan dengan baik.


3. Pertimbangan Keuangan

Pelaksanaan Ibadah haji membutuhkan biaya yang signifikan, termasuk biaya transportasi, akomodasi, makanan, dan lain sebagainya. Selain waktu keberangkatan dan visa yang digunakan, biaya juga menjadi salah satu dari perbedaan Haji Plus dan Haji Furoda yang cukup berpengaruh.

Dalam setiap jenis program haji, penting untuk memperhatikan persiapan yang matang, mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya, dan berkonsultasi dengan agen perjalanan haji atau otoritas agama yang berwenang. Mereka dapat memberikan panduan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi individu.

Demikian beberapa hal terkait perbedaan Haji Plus dan Haji Furoda. Tentu tiap-tiap muslim di dunia merasakan betapa rindunya untuk berkunjung ke Makkah dan menjalankan ibadah haji di sana. Begitu juga Anda dan Keluarga pastinya.

Yuk Ibadah Haji Bersama Ghinasepti Travel!
Setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, segerakan untuk merencanakan perjalanan ibadah haji Anda dan Keluarga. Jika Anda berencana untuk berangkat Haji Furoda, maka Ghinasepti Travel memiliki program Haji Furoda pada tahun 2025. Jangan lewatkan kesempatan, dan segera daftarkan diri Anda.

Namun, apabila Anda berencana untuk melaksanakan Haji Plus jangan khawatir, karena Kami juga memiliki program Haji Plus atau Haji Khusus yang bisa Anda ikuti. Dapatkan bimbingan yang prima sesuai syari’at Islam dengan pelayanan profesional dan memuaskan dari Ghinasepti Travel.

Penutup, terlepas dari jenis program Haji yang akan dipilih. Yang terpenting adalah niat yang tulus dan ikhlas, serta melaksanakan Ibadah dengan sungguh-sungguh dan penuh pengabdian kepada Allah subhanahu wata’ala. Semoga ibadah haji tiap muslim, termasuk Anda dan Keluarga bisa diterima oleh-Nya, dan juga diberi keberkahan serta ampunan, Aamiin.