Ramadhan adalah bulan yang paling baik diantara bulan lainnya.  Pada bulan ini amalan setiap manusia yang beriman kepada Allah dilipat gandakan. Bagi umat Islam, Bulan Ramadhan menjadi bulan penuh dengan pahala.

Selain menjalankan ibadah puasa yang wajib, umat islam pada bulan ini berlomba-lomba dalam kebaikan, pada bulan ini juga terdapat 1 malam yang lebih baik dibandingkan 1000 malam yaitu Malam Lailatul Qadar.

Ada banyak keistimewaan pada Bulan Ramadhan, yaitu :

1. Al Qur’an Diturunkan Pada Bulan Ramadhan

Pada tanggal 17 Ramadhan Allah menurunkan kitab suci Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk bagi umat muslim di dunia yang juga disebut dengan peringatan Nuzulul Qur’an. Pada hari itu disarankan bagi umat muslim untuk berbanyak berdo’a agar mendapatkan berkah yang lebih pada bulan Ramadhan .

 

2. Diwajibkannya Berpuasa Pada Bulan Ramadhan

Allah mewajibkan berpuasa bagi umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang disebutkan dalam firman-Nya.

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah [2]: 185)

 

3. Dibukanya Pintu- Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Rasulullah bersabda “Jika datang  Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu syurga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syetan dibelenggu” HR.Muslim

 

4. Mendapatkan Pahala yang Belipat Ganda

Pada bulan ini banyak orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan, karena pada bulan ini setiap kebaikan akan digantikan dengan puluhan kali lipat pahala bahkan hingga 700 kali lipat pahala.

 

5. Terdapat Malam yang Lebih Baik dari 1000 Malam yaitu LAILATUL QADAR

Pada malam ini Allah turunkan kebaikan dan keberkahan di dalamnya, dan bagi umat muslim yang mendapatkan malam ini maka do’anya akan diijabah oleh Allah.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Qadr ayat 1 – 3 “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)

 

6. Bulan Ramadhan adalah Bulan Pengampunan Dosa

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

 

7. Melaksanakan Umroh di Bulan Ramadhan Pahalanya sama dengan Haji

Rasulullah SAW bersabda kepada seorang wanita Anshar. “ Jika datang Ramadhan maka lakukanlah umrah, karena sesungguhnya umrah dalam bulan itu setaraf dengan haji.” ( HR. An Nasa’i)

Hubungi Kami